Rabu, 05 Desember 2012

Jelaskan keuntungan pemberian ASI kepada anak maupun ibu !


beberapa keuntungan pemberian asi
1)      Keuntungan pemberian asi bagi bayi :
Pemenuhan kebutuhan gizi untuk pertumbuhan bayi karena mengandung hampir semua zat gizi yang  diperlukan bayi, seperti protein, lemak, karbohidrat, maupun mikronutrein yaitu vitamin dan mineral. ASI mengandung kadar laktosa yang tinggi yang kemudian diubah menjadi asam laktat, asam laktat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang pathogen, merangsang pertumbuhan mikroorganisme yang dapat menghasilkan berbagai asam organic dan mensitetis beberapa jenis vitamin dalam usus, memudahkan terjadinya pengendapan protein susu dan memudahkan penyerapan berbagai jenis mineral, seperti kalsium, fosfor, dan magnesium. ASI juga sangat sesuai dengan pencernaan bayi karena mengandung enzim lipase yang dapat mempermudah penyerapan sari-sari makanan pada bayi.
ASI bebas bakteri dan dapat memberikan kekebalan pasif pada bayi, serta dapat mengurangi resiko bayi terkena infeksi. ASI dijamin bersih dan bebas bakteri patogen. ASI juga mengandung bifudus faktor yang membantu membiaknya Lactobacillus bifidus untuk memerangi bakteri jahat penyebab diare. ASI mengandung zat penolak (antibodi dan laktoferin) untuk melindungi bayi dari berbagai infeksi bakteri,virus, dan jamur. ASI lebih aman terhadap kontaminasi, karena ASI diberikan langsung, maka kemungkinan tercemar zat yang berbahaya lebih kecil. Resiko alergi pada bayi sangat kecil.
ASI dapat meningkatkan IQ anak karena ASI juga mengandung acid docosahexanoic dan acid arachidonic yang berguna untuk membangun sistem saraf sehingga ASI pun mampu meningkatkan kecerdasan bayi. Pertumbuhan geraham bayi lebih baik serta bentuk payudara ibu memungkinkan bayi menyusui tanpa tersedak. Serta terbentuknya ikatan emosional yang kuat antara ibu dan anak
2)      Keuntungan pemberian asi bagi ibu
Memudahkan ibu yang baru melahirkan untuk mengurangi berat badannya yang bertambah pada masa kehamilan. Merangsang uterus berkontraksi untuk dapat kembali ke bentuk semula. Mendatangkan kemudahan bagi ibu yang memberikan asi karena tidak ada botol yang harus dicuci dan disterilisasi, atau harus membeli susu formula(lebih ekonomis) sambil memberikan nutrisi yang terbaik untuk bayinyan kapan dan dimana saja dalam keadaan segar dengan suhu yang sesuai dan juga dapat mempererat hubungannya dengan bayinya.
Menyusui merupakan alat kontrasepsi alami karena pada saat ibu menyusui kelanjar hipofisis merespon bahwa tubuh harus lebih banyak memproduksi prolaktin. Akibatnya hormone LH dan FSH tidak diproduksi. Sehingga ibu yang aktif menyusui tidak menstruasi dan ini merupakan menjadi tanda bahwa ibu tersebut belum subur sehingga dapat mencegah kehamilan lagi setelah baru saja melahirkan. Frekuensi menyusui yang sering dapat menekan ovulasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar