Komputer
Komputer
merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer
yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya
kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin
cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagi berikut:
Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagi berikut:
- Processor
merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal pentium III 500Mhz.
- RAM (Random Access Memory)
digunakan untuk media penyimpanan data secara magnetik. Harddisk minimal 10GB- VGA card
merupakan perangkat keras untuk menampilakan
gambar pada layar monitor. VGA card minimal 4MB
- Monitor
merupakan perangkat output untuk menampilkan proses kerja dari komputer.
Modem
Data
dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah
menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa
media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya
di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali
dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu
modem eksternal dan modem internal.
1) Modem Internet
Merupakan
modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata
kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps. Adapun
keuntungan menggunakan modem internal sebagi berikut.
a) Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis.
b) Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel.
a) Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis.
b) Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel.
Sedangkan kelemahan modem internal sebagai berikut:
a) Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem
b) Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power suply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.
a) Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem
b) Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power suply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.
2) Modem Esternal :
Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem
ekternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem
ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi
ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik.
Keuntungan modem eksternal:
a) Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain
b) Dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem.
Kelemahan dari modem eksternal.
a) harga lebih mahal dari pada modem internal
b) membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.
Keuntungan modem eksternal:
a) Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain
b) Dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem.
Kelemahan dari modem eksternal.
a) harga lebih mahal dari pada modem internal
b) membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.
Modem
terbagi atas:
1. Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
2. Modem ADSL
1. Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
2. Modem ADSL
ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL.
Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan
dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Ide utama
teknologi ADSL adalh untuk memecah sinyal line telpon menjadi dua bagian untuk
suara dan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakuakn atau meneima
panggilan telpon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling
menggangu.
3. Modem kabel
3. Modem kabel
Modem
Kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV
Kabel. Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat
keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini
dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi
dibandingkan dengan modem dialup atau modem ADSL, kecepatan modem kabel
maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps
upstream (kecepatan upload dari pengguna). Sebelum dapat terkoneksi dengan
internet, maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia
jasa TV kabel dan ISP (internet Service Provider).
4. Modem CDMA
5. Modem 3GP
6. Modem GSM
4. Modem CDMA
5. Modem 3GP
6. Modem GSM
Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang
mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya,
melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada
lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol
tujuh-lapis OSI.
Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).
Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).
Secara
umum, router dibagi menjadi dua buah jenis, yakni:
* static router (router statis): adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang diset secara manual oleh para administrator jaringan.
*dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dab membuat tabel routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.
* static router (router statis): adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang diset secara manual oleh para administrator jaringan.
*dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dab membuat tabel routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.
Kartu Jaringan (Inggris: network
interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu
yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke
sebuah jaringan
komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis,
yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang
bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token
Ring,
dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan
Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi
nomor alamat yang disebut sebagai MAC
address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh
pengguna.
Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan
bagi kamera real-time
(bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat
melalui World Wide Web,
program instant
messaging, atau aplikasi video call. Istilah
“webcam” juga merujuk kepada jenis kamera yang digunakan untuk keperluan ini.
Ada berbagai macam merek webcam, diantaranya LogiTech, SunFlowwer, dan
sebagainya. Webcam biasanya berresolusi
sebesar 352×288 / 640×480 piksel. Namun ada yang kualitasnya hingga 1
Megapiksel. Sekarang hampir semua kamera digital dan HP bisa dijadikan sebagai
kamera web (webcam).
Bridge Jaringan adalah sebuah komponen jaringan
yang digunakan untuk memperluas jaringan
atau membuat sebuah segmen jaringan.
Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan
data-link pada model OSI. Bridge juga dapat
digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti
halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair
(UTP) dengan kabel serat optik
atau dua buah arsitektur jaringan
yang berbeda, seperti halnya antara Token
Ring
dan Ethernet.
Bridge akan membuat sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim tapi tidak
melakukan konversi terhadap protokol, sehingga agar dua segmen jaringan yang
dikoneksikan ke bridge tersebut harus terdapat protokol jaringan yang sama
(seperti halnya TCP/IP).
Bridge jaringan juga kadang-kadang mendukung protokol Simple Network Management
Protocol (SNMP), dan beberapa di antaranya memiliki fitur
diagnosis lainnya. Terdapat tiga jenis bridge jaringan yang umum dijumpai:
Bridge Lokal: sebuah bridge yang dapat menghubungkan segmen-segmen jaringan lokal.
Bridge Remote: dapat digunakan untuk membuat sebuah sambungan (link) antara LAN untuk membuat sebuah Wide Area Network.
Bridge Nirkabel: sebuah bridge yang dapat menggabungkan jaringan LAN berkabel dan jaringan LAN nirkabel.
Bridge Lokal: sebuah bridge yang dapat menghubungkan segmen-segmen jaringan lokal.
Bridge Remote: dapat digunakan untuk membuat sebuah sambungan (link) antara LAN untuk membuat sebuah Wide Area Network.
Bridge Nirkabel: sebuah bridge yang dapat menggabungkan jaringan LAN berkabel dan jaringan LAN nirkabel.
Line telepon
Saluran
telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk
menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan sauran telpon ini juga
diikuti dengan penggunan modemdial up. Selain saluran telpon, untuk melakukan
akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa
mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah
modem kabel.
Hub/Switch
Hub merupakan perangkat keras yang digunakan untuk
menggabungkan beberapa computer. Hub menjadi saluran koneksi sentral untuk
semua computer dalam jaringan. Hub dibedakan menjadi dua yaitu, active hub
merupkan sebuah repeater elektrik yang dilenggkapi dengan 8 konektor yang
berfungsi untuk membentuk sinyal digital yang dikirim dan menyesuaikan
impedensinya untuk memelihara data sepanjang jalur yang dilaluinya, yang kedua
adalah passive hub merupakan sebuah repeater elektrik yang memiliki 4 konektor
yang berfungsi untuk menerima sinyal pada salah satu konektor dan meneruskannya
pada tiga konektor lain.
Repeater
Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya.
Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya.
Perangkat Lunak Internet
Grafis
- Mozilla
- Mozilla Firefox (sebelumnya bernama Firebird dan Phoenix)
- CometBird
- Epiphany, browser default GNOME saat ini
- Camino untuk Mac OS X (sebelumnya bernama Chimera)
- K-Meleon untuk Windows
- Kazehakase browser web GTK2 yang sangat ringan untuk GNU/Linux
- Beonex Communicator
- Browser Web IBM untuk OS/2
- Aphrodite
- Salamander
- Skipstone
- BackArrow (berbasis Skipstone)
Browser berbasis Internet Explorer
- Internet Explorer
- Chakra Browser
- Avant Browser
- Crazy Browser
- iRider
- MSN Explorer
- Maxthon (sebelumnya bernama MyIE2)
- NeoPlanet
- NetCaptor
- Tablane Browser
- versi-versi browser yang diikutkan pada antarmuka AOL
Browser berbasis GRML
- Pioneer Report MDI
- Tree MDI
- Bar Graph MDI
Browser berbasis KHTML
- Konqueror
- Safari
- ABrowse
- OmniWeb (4.5 and later)
- SkyKruzer
- Shiira
Browser lainnya
- Opera
- Google Chrome
- Comodo Dragon
- Enigma browser
- Oregano
- Amaya
- iCab
- NetPositive
- OmniWeb
- Dillo
- IBrowse
- AWeb
- Voyager
- Espial Escape
- HotJava
- Arachne
- Off By One
- Emacs/W3
- Grail
- My Kids
- Advanced
- Fast Browser Pro
- GoSuRF
- XANA Web Browser
- FastStone
- Freeware Browser (namanya memang freeware)
- 32bit
- Cygsoft LDAP
- Ideal
- The Nubonyx
- Dimension
- Flock
- ballot screen
Berbasis Handphone
- Doris Browser (untuk nokia 7650)
- Opera Mini
- OpenWave
- UC WEB
- Tea Shark
Berbasis teks
- Lynx
- Links
- ELinks
- w3m
- Netrik
Browser lama yang tidak lagi dikembangkan
- WorldWideWeb
- Mosaic
- AMosaic
- Netscape Navigator
- Arena
- Cello
- CyberDog
- IBM Web Explorer
- MidasWWW
- Viola
- WebRouser
- MacWeb
Web Browser adalah perangkat lunak (software)
yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses internet dan file-file berupa
musik, teks, gambar dll yang tersedia di internet.
1. Microsoft Internet Explorer
1. Microsoft Internet Explorer
2. Netscape Navigator
3. Mozilla Firefox
Tapi ini tak membuat Firefox sepi peminat bahkan Firefox banyak menerima award.
4. Opera
5. Safari
Safari
merupakan web browser buatan dari Apple Inc yang juga merupakan produsen dari
iPod dan iPhone. Pada awalnya Safari hanya dapt digunakan di Macintosh saja.
Tetapi sekitar bulan Juni 2007 dibuat juga untuk Windows.
6. Avant
Avant Browser adalah browser yang cukup populer dan gratis dari programmer asal China yang bernama Anderson Che. Browser ini menyatukan layout (engine) Trident yang dibuat untuk Windows (lihat shell dari Internet Explorer) membuatnya kaya akan feature-feature, fleksibel dan ergonomic dibanding dengan Microsoft Internet Explorer (IE). Ini dapat berjalan pada Windows 98 keatas termasuk Vista.
Avant Browser adalah browser yang cukup populer dan gratis dari programmer asal China yang bernama Anderson Che. Browser ini menyatukan layout (engine) Trident yang dibuat untuk Windows (lihat shell dari Internet Explorer) membuatnya kaya akan feature-feature, fleksibel dan ergonomic dibanding dengan Microsoft Internet Explorer (IE). Ini dapat berjalan pada Windows 98 keatas termasuk Vista.
7. Lunascape
8. Maxthon
Maxthon memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki pesaingnya, seperti Mouse Gestures yakni hanya dengan menahan klik kanan pada mouse dan lakukan beberapa gerakan untuk mengakses beberapa fitur seperti Back, Forward, Refresh dsb. Super Drag&Drop yakni hanya dengan melakukan Drag&Drop sebuah keyword yang anda ingin cari pada address bar atau Integrated Web Search yang ada pada browser anda.
Tapi sayangnya, browser ini hanya dapat digunakan pada platform Windows dan Android (pada smartphone).
9.
Flock
Flock
adalab web browser yang dibangun dengan code mozilla frefox yang web browser
ini khususkan menyediakan social
networking dan Web 2.0
Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna
internet mengatur beberapa social networking, web mail, news feeds dan blogs
yang mereka miliki. Dengan Mengunakan Flock mereka dapat dengan mudah
menjelajah, berbagi, dan menikmati content maupun menjalin hubungan di situs
pertemanan yang mereka inginkan.
10. K-Meleon
K-Meleon salah satu browser gratis dan open source di
rilis dibawah Lisensi GNU General Public dan berjalan diplatform Microsoft Windows (Win32)
operating systems. Dibangun di atas Gecko layout engine, layout engine yang
sama seperti digunakan Mozilla Firefox.
11. SeaMonkey
SeaMonkey adalah sebuah proyek komunitas untuk menjadikan
SeaMonkey all-in-one internet application suite, seperti software suite populer
yang sudah dibuat sebelumnya oleh Netscape dan Mozilla, dan proyek SeaMonkey
melanjutkan konsep tersebut. Terdiri dari Internet browser, email &
newsgroup client, HTML editor, IRC chat and web development tools, SeaMonkey
direkomendasikan bagi advanced users, web developers dan corporate users.
12. Camino
Camino, Mozilla Power Mac Style.
Camino adalah open source web browser dikembangkan
berfokus pada memberikan experience terbaik kepada pengguna Mac OS X. Camino
mengkombinasikan visual sederhana, elegan dan menyajikan pengalaman yang
mengagumkan yang menjadi filosofi dari Macintosh dengan Gecko layout engine
yang powerful.
Camino hanya dapat diinstall dalam Sistem Operasi Mac
13. Konqueror
Konqueror adalah web browser, file manager, dll.
Konqueror menyediakan file viewer yang bisa mengexplore file-file di komputer
anda maupun secara remote ke komputer lain. Protokol yang didukung Konqueror :
- FTP and SFTP/SSH browser
- SAMBA (Microsoft file-sharing) browser
- HTTP browser
- IMAP mail client
- ISO (cd image) viewer
- VNC viewer
Untuk menginstall Konqueror ini anda harus install KDE
terlebih dahulu. KDE adalah Desktop Enviroment di keluarga unix, jika anda
pengguna windows telebih dahulu install KDE.
Topologi / Bentuk Jaringan Internet
-
Berdasarkan Susunan
TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER
Topologi adalah
suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga
membentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus, token-ring,
star dan peer-to-peer network. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas,
dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.
1.
Topologi
BUS
Topologi
bus terlihat pada skema di atas. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini
yaitu:
Keuntungan:
Kerugian:
- Hemat
kabel
- Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
- Layout kabel
sederhana -
Kepadatan lalu lintas
- Mudah
dikembangkan
- Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.
- Diperlukan repeater untuk jarak jauh
2.
Topologi
TokenRING
Topologi
TokenRING terlihat pada skema di atas. Metode token-ring (sering disebut ring
saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran).
Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai
loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap
informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:
informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:
Keuntungan:
Kerugian:
- Hemat
kabel
- Peka kesalahan
- Pengembangan jaringan lebih kaku
3.
Topologi
STAR
Merupakan
kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data
tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan
stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client
server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server
sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu
perintah dari server. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:
Keuntungan:
- Paling
fleksibel
- Pemasangan/perubahan stasiun sangat
mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
- Kontrol terpusat
- Kemudahan deteksi dan isolasi
kesalahan/kerusakan
- Kemudahaan pengelolaan jaringan
Kerugian:
- Boros
kabel
- Perlu penanganan khusus
- Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen
kritis
4.
Topologi
Peer-to-peer Network
Peer artinya rekan sekerja.
Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa
komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam
sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer
secara bersama-sama. Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang
dipasang di komputer Dino, dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang
sama pada saat yang bersamaan.
Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yang memiliki komputer ‘kuno’, misalnya AT, dan ingin memberli komputer baru, katakanlah Pentium II, tidak perlu membuang komputer lamanya. Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas, sistem jaringan ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipelajari dan dipakai.
Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yang memiliki komputer ‘kuno’, misalnya AT, dan ingin memberli komputer baru, katakanlah Pentium II, tidak perlu membuang komputer lamanya. Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas, sistem jaringan ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipelajari dan dipakai.
ETHERNET
Ethernet adalah
sistem jaringan yang dibuat dan dipatenkan perusahaan Xerox. Ethernet adalah
implementasi metoda CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision
Detection) yang dikembangkan tahun 1960 pada proyek wireless ALOHA di
Hawaii University diatas kabel coaxial. Standarisasi sistem ethernet dilakukan
sejak tahun 1978 oleh IEEE. (lihat Tabel 2.) Kecepatan transmisi data di
ethernet sampai saat ini adalah 10 sampai 100 Mbps. Saat in yang umum ada
dipasaran adalah ethernet berkecepatan 10 Mbps yang biasa disebut seri 10Base.
Ada bermacam-macam jenis 10Base diantaranya adalah: 10Base5, 10Base2, 10BaseT,
dan 10BaseF yang akan diterangkan lebih lanjut kemudian.
Pada metoda
CSMA/CD, sebuah host komputer yang akan mengirim data ke jaringan pertama-tama
memastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai untuk transfer dari dan oleh
host komputer lainnya. Jika pada tahap pengecekan ditemukan transmisi data lain
dan terjadi tabrakan (collision), maka host komputer tersebut diharuskan
mengulang permohonan (request) pengiriman pada selang waktu berikutnya
yang dilakukan secara acak (random). Dengan demikian maka jaringan
efektif bisa digunakan secara bergantian.
Untuk menentukan
pada posisi mana sebuah host komputer berada, maka tiap-tiap perangkat ethernet
diberikan alamat (address) sepanjang 48 bit yang unik (hanya satu di
dunia). Informasi alamat disimpan dalam chip yang biasanya nampak pada saat
komputer di start dalam urutan angka berbasis 16, seperti pada Gambar 3.
Gambar
3. Contoh ethernet address.
48 bit angka agar mudah dimengerti dikelompokkan masing-masing 8 bit
untuk menyetakan bilangan berbasis 16 seperti contoh di atas (00 40 05 61 20 e6),
3 angka didepan adalah kode perusahaan pembuat chip tersebut. Chip diatas
dibuat oleh ANI Communications Inc.
-
Berdasarkan Luas Daerah
JENIS JARINGAN KOMPUTER
l
Secara
umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu;
1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
Local Area Networks
1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
Local Area Networks
l
Area
yang dilingkupi terbatas
l
Dalam
gedung atau kampus kecil
l
Dimiliki
oleh sebuah organisasi
l
Kecepatan
transfer datanya besar (>= 10 MBps)
l
Biasanya
menggunakan sistem broadcast
l
Beberapa
teknologi alternatip :
l
switched systems dan ATM
l
Wifi
2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
3. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
Wide Area Networks
l
Area
yang dilingkupi luas
l
Menggunakan
saluran komunikasi publik
l
Kecepatan
transfer datanya relatif rendah
l
Beberapa
teknologi alternatif
¡
Circuit
switching
¡
Packet
switching
¡
Frame
relay
¡
Asynchronous
Transfer Mode (ATM)
4. Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.
5. Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
Topologi
Tree / Hierarchical (Hirarki)
Tidak
semua stasiun mempunyai kedudukan yang sama. Stasiun yang kedudukannya lebih
tinggi menguasai stasiun dibawahnya, sehingga jaringan sangat tergantung dengan
stasiun yang kedudukannya lebih tinggi (hierachical topology) dan kedudukan
stasiun yang sama disebut peer topology.
Topologi
Mesh dan Full Connected
Topologi
jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran
harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi
1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan
meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Dengan demikian disamping kurang
ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.
Topologi
mesh ini merupakan teknologi khusus (ad hock) yang tidak dapat dibuat dengan
pengkabelan, karena sistemnya yang rumit, namun dengan teknologi wireless
topologi ini sangat memungkinkan untuk diwujudkan (karena dapat dipastikan
tidak akan ada kabel yang berseliweran).
Biasanya
untuk memperkuat sinyal transmisi data yang dikirimkan, ditengah-tengah (area)
antar komputer yang kosong di tempatkan perangkat radio (air point) yang
berfungsi seperti repeater untuk memperkuat sinyal sekaligus bisa mengatur arah
komunikasi data yang terjadi.
Topologi
Hybrid
Topologi
ini merupakan topologi gabungan dari beberapa topologi yang ada, yang bisa
memadukan kinerja dari beberapa topologi yang berbeda, baik berbeda sistem maupun
berbeda media transmisinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar