Sabtu, 27 Oktober 2012

RESENSI BUKU PARADIGMA KEBUDAYAAN ISLAM; Studi Kritis dan Analisis Historis



TUGAS BAHASA INDONESIA
RESENSI BUKU
PARADIGMA KEBUDAYAAN ISLAM; Studi Kritis dan Analisis Historis
Karya Prof. Dr. Faisal Ismail, M.A.

Oleh : Isnawati
Kelas : XII IPA 2









Paradigma Kebudayaan Islam
Oleh Isnawati
Judul Buku            : PARADIGMA KEBUDAYAAN ISLAM;
                                Studi Kritis dan Analisis Historis
Penulis                   : Prof. Dr. Faisal Ismail, M.A.
Penerbit                 : PT. Mitra Cenndekia
Tahun Terbit          : 2004
Jumlah halaman     : xvii + 275
Bagi Prof. Dr. Faisal Ismail, M.A. membuat suatu karya tulis adalah suatu hal yang mendarah daging dalam hidupnya. Karena sejak remaja  remaja beliau sudah bergelut dalam bidang tersebut.   Tentu saja berbagai karya tulis seperti makalah-makalah, artikel-artikel dan buku-bukunya yang bertemakan sosial-keagamaan, sejarah dan kebudayaan telah banyak ia hasilkan.
Tidak jauh berbeda dengan karya-karyanya yang sebelumnya buku PARADIGMA KEBUDAYAAN ISLAM; Studi Kritis dan Analisis Historis karya Prof. Dr. Faisal Ismail ini secara garis besar membahas tentang keadaan kebudayaan islam pada masa sekarang yang tinjauannya diangkat dari kondisi nyata kebudayaan islam itu sendiri.
Dalam setiap bagiannya, Pak Faisal membahas suatu hal yang temanya berbeda dengan tema bagian lainnya. Sehingga antara bagian yang satu dengan yang lainnya tidak bisa menjadi satu bagian yang utuh secara sempurna. Pembaca pun harus memahami setiap tema dari setiap bagian buku untuk bisa memahami bagian berikutnya. Meskipun demikian setiap bagian serta bab dalam buku ini masing-masing mengandung benang merah yaitu secara keseluruhan masih membicarakan tentang persoalan moralitas, agama, dan kebudayaan.
Dalam membahas masalah Pak Faisal juga sering mengunakan bahasa yang cukup tinggi sehingga tidak semua kalangan bisa membacanya dan bahkan dapat membuat pembaca menjadi bosan, padahal muatan keilmuan di dalamnya sangat penting untuk dipahami dan diketahui oleh semua orang, akan lebih menarik jika disampaikan dengan bahasa yang sederhana sehingga informasi dapat diterima semua kalangan.
Buku Pak Faisal ini mengingatkan kita pada buku Paradigma Islam Interpretasi untuk Aksi karya Dr. Kuntowijoyo. Buku Karya Dr. Kuntowijaya juga membahas tentang paradigma islam dan keadaan islam di Indonesia dalam kaitannya dengan historis atau sejarahnya. Perbedaannya buku karya Pak Ismail juga dibahas mengenai paradigma islam dengan kaitannya dengan kesenian, tatanan moralitas, tantangan modernitas serta bagaimana islam ditengah gelombang pasang pergulatan budaya global serta tentang bagaimana Tuhan yang objektif. Sedangkan buku karya Pak Kuntowijaya membahas juga tentang tentang keadaan muslim di Indonesia, yaitu mencari tentang identitas keagamaan masyarakat Indonesia, pergerakan-pergerakan masyarakat islam lokal, reaktualisme Islam dan hubungan antara islam dan birokrasi.
Hal yang menarik dari buku Pak Faisal ini yaitu diuraikan bahwa hanya kebangkitan agama islamlah yang mampu menahan keruntuhan kebudayaan itu sendiri, pengaruh kebudayaan barat dan industrialisasi terhadap kehidupan manusia, dan tentang peradaban baru yang akan muncul setelahnya yang mana selain muncul di tempat lain dan tidak lagi dari pusat-pusat kebudayaan sebelumnya juga mempunyai corak dan sosok yang jauh berbeda dengan kebudayaan yang telah mempengaruhi sebelumnya. 
Buku ini jika dijadikan rujukan terhadap masalah-masalah baru seperti masa-masa sekarang ini akan tampak ketinggalan karena masalah yang diangkat merupakan permasalan yang sudah lama. Oleh karena itu buku ini akan lebih baik jika dilakukan revisi terhadap masalah-masalah baru seperti saat ini, dan lebih dispesifikan permasalahan-permasalahannya. Serta mungkin akan lebih sempurna juga, jika mau mengangkat masalah dari masa lalu, itu dengan menyinggung kebudayaan Islam di Indonesia pada masa-masa kerajaan Islam di Indonesia.
Buku ini sebenarnya akan lebih baik jika penulisnya juga memberikan jalan keluar tentang bagaimana kebudayaan Islam menghadapi kebudayaan Barat yang semakin meluas saat itu.
Terlepas dari berbagai ketidaksempurnaannya, harus diakui bahwa buku Pak Ismail ini merupakan sebuah karya yang besar. Banyak pengetahuan yang dapat kita ambil dari buku ini, khususnya tentang paradigma kebudayaan Islam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar