Kamis, 22 November 2012

arti kehidupan (hal yang penting untuk dipikirkan)

Arti kehidupan
Kita dapat belajar dari hidup. Segala yang kita lakukan walau sangat sederhana sebenarnya artinya sangat besar. Seperti apa yang kita lakukan pada pakain yang telah selesai kita gunakan, contohnya apa yang telah dilakukan oleh tokoh shall dre parker dalam film the karate kid. Dari sana kita dapat belajar bahwa apa yang kita lakukan dampaknya akan sangat mempengaruhi bagaimana kehidupan yang ada di dunia ini. Jadi semua yang ada selalu ada peranannya masing-masing yang mana semuanya dapat saling memengaruhi satu sama lain. Jika ada yang melakukan kesalahan maka dampaknya dapat berpengaruh pada semua yang ada di sekitar lingkungannya. Sungguh menarik sekali kehidupan di dunia ini. Tetapi sayang banyak yang tidak menyadarinya. Yah mungkin ini sudah takdir, kalau semuanya menyadari pasti tidak akan ada keistimewaan dan tidak ada akhirnya. Maka kiamat pun mungkin tidak pernah akan terjadi dan tidak ada yang akan masuk dalam neraka. Yah, karena semuanya menjadi berjalan yang baik dan pastinya kita mungkin tidak mengalami perubahan yang beragam.
Mungkin semua orang akan tampak sama dan tidak ada bedanya. Sungguh sangat membosankan jika hal itu terjadi. Mungkin juga bumi ini pun menjadi bumi yang berbeda. Dan bencana akibat ulah manusia pun tidak akan pernah terjadi dan tidak akan pernah ada korban.
Yaa, bisa dikatakan semuanya akan sangat berbeda. Karena itu mungkin ALLAH tidak membuat semua makhluknya menyadarinya dan mungkin di balik semuanya ada maksud dan tujuannya yang mana hanya Dia-lah yang tahu.
Jika ada yang berpikir Dia tidak adil itu sama sekali sungguh tidak bisa dikatakan benar, karena itu adalah hak-Nya sebagai pencipta alam semesta dan sudah menjadi sifat-Nya. Dia yang menciptakan maka Dialah mengatur segalanya. Mungkin ada yang sangat keberatan dengannya tapi jika dipikirkan lebih dalam dengan pikiran yang positif maka kau akan mendapatkan jawabannya.  Dia sebenarnya sangat sayang kepada semua makhluknya. Maka perbanyaklah bersyukur kepadanya. Secara logika pun kita dapat memikirkan bahwa dia benar dan kita salah besar jika ingin melawan-Nya. Cobalah apa yang kau lakukan pada apa yang menjadi milikmu, kau pasti akan ingin memperlakukannya seperti apa yang ingin kau lakukan. Kau juga akan merasakan rasa sayang padanya. Jika ada yang mencelamu saat kau dinilai memperlakukannya dengan tidak baik maka kau akan merasa marah dan kesal pada orang yang mencelamu dan tidak pernah ada kaitannya dengan barang milikmu. Apalagi jika barang milikmu tersebut yang melakukan pemberontakan secara reflex akan timbul rasa kesal tetapi di lain pihak ada rasa sayang padanya. Tetapi yang harus diingat bahwa Tuhan tidaklah sama dan tidak akan pernah sama dengan kita yang hanyalah makhluknya, tapi dari sana kita dapat menyadari kesalahan tentang pemikiran kita terhadap-Nya. Agar kita dapat senantiasa taat dan patuh padanya serta tidak akan menyimpang darinya.
Yang harus kita lakukan setelah kita benar-benar yakin akan Dia, yaitu mempelajari Al-Qur’an dan Al Hadis agar kita tidak salah lagi dalam bertindak. Sungguh, kita akan dapat selalu dalam jalan yang lurus. Jika kau merasakan akan kebenarannya maka cobalah kau ambil saja satu kandungannya dan lihatlah apakah benar apa yang tetulis di sana pada kehidupan nyata dan pasti kau akan dapat melihat kebenarannya kecuali kau sudah dibuat buta oleh syaitan maka kau tidak akan pernah melihat kebenarannya dan kau akan merasa kesal dan kau akan menyangkal semuanya.
Bukti yang nyata adalah fenomena alam yang ada di bumi ini misalnya saja adanya kereta emas dan barang-barang lainnya yang di duga sebagai sisa di mana firaun telah melewati sungai merah dan akhirnya tenggelam bersama bala tentaranya yang berniat mengejar nabi Musa as dan para pengikutnya. Kereta tersebut dikabarkan telah disimpan di sebuah museum.

Al-Qur’an dan Hadis tidak pernah mengarahkanmu pada hal yang salah jika itu benar-benar murni sesuai dengan apa yang ada di dalamnya dan tidak ada tambahan dari mana pun walau hanya sebesar  sel yang dikatakan sebagai unit terkecil dari makhluk hidup ataupun yang lebih kecil dari itu. yaa, walau hanya sebesar kromosom atau apa pun yang sangat kecil ukurannya.
Jika kau melihat sejarah umat terdahulu kau akan menemukan bahwa semua kemajuan erat hubungannya dengan perkembangan islam. Disini saya bukanlah untuk menghina atau meremehkan kepercayaan yang lain. Tetapi dari berbagai hal yang dapat saya pelajari sungguh benar adanya. Silahkan pelajari benar-benar sejarah perkembangan agama islam untuk lebih memahaminya.
Semua orang pasti punya pengalaman dan tentu saja pandangannya terhadap suatu masalah pun akan berbeda sesuai dengan bagaimana dia menjalani hidupnya. Tentu saja akan terjadi banyak perselisihan dan perbedaan tentang masalah ini.
Orang akan melakukan hal yang berbeda terhadap suatu masalah walau tidak diabaikan kemungkinan bahwa ada yang akan melakukan hal yang sama persis dengan yang lainnya. Begitulah kehidupan di dunia ini, sungguh rumit dan terkadang tidak dapat kita mengerti dan banyak yang akan mengartikannya berbeda. Dari sanalah akan timbul perbedaan yang merupakan hal yang sangat dasar dalam kehidupan di alam semesta ini. Karena semuanya punya peranannya masing-masing.
Manusia memiliki berbagai sikap yang berbeda, ada yang suka berbohong dan menyembunyikan hal yang sebenarnya, ada yang selalu terbuka dan jujur tehadap apa yang dia dapatkan, ada yang suka berpura-pura, ada yang setengah-setengah, ada yang senang ikut pada apa yang menjadi keharusan atau pada yang lebih menguntungkan baginya.            Sungguh sebuah kehidupan yang sangat kompleks.
Disaat ini sangatlah mudah untuk memasukkan suatu hal yang dapat menjadi kepribadian generasi saat ini dan masa mendatang. Tinggal bagaimana kita menyikapinya saja. Bagaimana kita menyikapinya sangatlah tergantung pada kepribadian kita sendiri dan seberapa besar pengaruhnya bagi kita. Selain itu, juga bergantung sejauh mana kepercayaan dan pengetahuan kita tentangnya. Jika kita menganggapnya adalah kebenaran maka hasilnya akan berbeda dengan dimana kita menganggapnya adalah sebuah kesalahan apalagi sangat bertentangan dengan apa yang selama ini kita yakini dan dimana kita tidak dapat mengerti apakah kita selama ini salah atau benar berdasarkan bukti yang paling akurat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar