Kamis, 29 November 2012

Contoh paragraph deduktif dan induktif

Contoh paragraph deduktif dan induktif
1.       Paragraph deduktif
a.       Westernisasi dan modernisasi bukanlah suatu hal yang sama. Westernisasi dan modernisasi mempunyai pengertian yang berbeda. Westernisasi adalah mengadaptasi gaya hidup barat, meniru dan mengambil alih cara hidup barat. Westernisasi lebih mengacu pada pengadaptasian pada satu budaya saja yaitu budaya barat sedangkan modernisasi bukan hanya sekadar pengambil alihan dan penelaahan gaya dan cara hidup barat, tetapi modernisasi lebih mengacu pada hal yang lebih luas yang mana arahnya lebih menyesuaikan diri pada perkembangan zaman.
b.      Manusia mempunyai kedudukan sebagai makhluk individu dan social. Sebagai makhluk individu manusia memiliki cirri-ciri, karakteristik dan potensi yang berbeda dengan individu lainnya. Sedangkan sebagia makhluk social, manusia tidak dapat hidup sendiri dan selalu membutuhkan dan bergantung pada orang lain yang ada di sekitarnya.
2.       Paragraph induktif
a.       Tumbuhan memiliki suhu optimum untuk tumbuh dan berkembang. Suhu optimum adalah suhu yang paling baik bagi perkembangan dan pertumbuhan tumbuhan. Selain suhu optimum, tumbuhan juga memiliki suhu maksimum dan minimum. Suhu maksimum adalah suhu tertinggi yang memungkinkan tumbuhan untuk bertahan hidup sedangkan suhu minimum adalah suhu terendah yang memungkinkan tumbuhan untuk bertahan hidup. Jadi dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman meiliki suhu optimum, maksimum dan minimum.
b.      Salah satu penyebab krisisnya budaya islam di Indonesia yaitu adanya anggapan yang keliru di antara kalangan umat islam itu sendiri yang mengasosiasikan islam hanya sebagai ibadah saja dalam pengertian sempit dan dangkal. Padahal islam tidak hanya sekadar permasalahan peribadahan (akhirat) saja, akan tetapi juga dalam masalah-masalah kebudayaan (dunia). Jadi secara ringkas islam mencakup seluruh segi kehidupan baik kehidupan akhirat dan kehidupan akhirat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar