Jumat, 16 November 2012

keutamaan sholat (mendengarkan ceramah- tugas sekolah)

CERAMAH
Sholat sangat dianjurkan dan ditekankan supaya kita melaksanakannya dengan khusyu. Sholat hendaknya jangan lalai dan khusyu.
Di dalam hadis disebutkan bahwa siapa saja yang memelihara sholat 5 waktu maka ALLAH akan memberikannya 5 keistimewaan.
Yang pertama yaitu dihilangkan kesulitan hidupnya. Di sini bukan berarti bahwa sholat dapat membuat hidup kita menjadi tidak sulit, tetapi ALLAH lah yang membuat hidup kita tidak sulit. Sedangkan untuk orang yang tidak sholat hidupnya akan sempit dan begitu pula hatinya juga akan menjadi sempit. Hal itu terjadi karena kesempitan hidup itu terletak pada hati manusia. Orang yang menjaga sholat merasa hatinya kaya walaupun dia tidak kaya secara materi.
Kedua, ALLAH akan menghilangkan azab kubur baginya.
Ketiga, ALLAH akan memberikan catatan amalnya pada padang mahsyar dengan tangan kanan. Jika kita mengambil catatan amal dengan tangan kanan maka hal itu pertanda bahwa banyak catatan kebaikannya.
Keempat, orang yang selalu menjaga sholatnya, tidak lalai atau mendahulukan hak ALLAH akan melewati jembatan siratal mustakim secepat kilat menyambar. Padahal jembatannya besarnya lebih kecil dari sehelai rambut dan jarak tempuhnya 3000 tahun. Cara orang melewati jembatan siratal mustakim seperti kilat menyambar, seperti burung terbang, kuda berlari , berjalan biasa, merangkak, ngesot, sesuai dengan amalnya di dunia. Orang lain yang tidak diberikan kesempatan/ keistimewaan/ keselamatan dari ALLAH akan jatuh pada neraka jahanam.
Para ulama sering menangis karena memikirkan bahwa apakah dia bisa melewati jembatan siratal mustakim. Bahkan salah satu ulama ada yang menyebutkan bahwa orang yang mulia adalah orang yang mampu melewati jembatan siratal mustakim.
Tanda-tanda orang yang tergolong wali menurut kitab kifayatul awam ada 4 macam :
1.      Orangnya arif billah. Orang tersebut kenal kepada ALLAH sehingga dia dapat membedakan yang mana ALLAH dan yang mana makhluknya. Yang mana nabi dan yang mana yang mengaku nabi.
ALLAH itu adalah zat yang wajibal wujud  yang laisa kamis li syaiun wa hua samiul bashir, yang wajib adanya dan bersifat tidak ada umpamanya. Seperti hal nya firman ALLAH pada surah al-ikhlas ayat 4.
2.      Orang itu alim dengan ilmu fiqih (syariat). Orang tersebut dapat membedakan hukum yang benar dan yang mana yang salah. Misalnya dia tahu bagaimana sholat yang benar.
3.      Mempunyai akhlak yang baik. Juhud, tawadhu, dan tidak senang menggunjing orang.
4.      Hatinya tidak pernah tentram karena memikirkan jika ALLAH akan mencabut kewaliannya(imannya).
Yang ke lima orang yang menjaga sholat akan masuk surga tanpa dilakukan penghisaban terlebih dahulu. Orang yang meremehkan sholat adalah orang yang sering melalaikan sholat, senang mengerjakan sholat dengan cara sembarangan saja, dan mengerjakan sholat hanya jika dia ingin saja. Orang yang meremehkan atau menganggap enteng sholat maka ALLAH akan menyiksanya dengan 15 siksaan. 5 siksaan saat hidup di dunia, 3 siksaan ketika mati, 3 siksaan di dalam kubur, 3 siksaan saat di keluarkan dari kuburnya, untuk menghadap ALLAH SWT.
Siksaan di dunia : ALLAH akan mencabut berkah dari umurnya. Sehingga umurnya tidak ada berkahnya lagi. ALLAH juga akan mencabut tanda-tanda orang sholeh pada wajahnya, sehingga wajahnya tidak bercahaya lagi layaknya wajah orang kafir.

1 komentar: